Rabu, 09 Januari 2013

Setingan Standar Camstudio


Berhubung kemaren2 ane lagi iseng nyari cara untuk nyimpan video dari komputer kita, jadi kayak ngerekam semua aktivitas yang kita lakuin di komputer. Maka, ane ketemu lah yang namanya software CamStudio. Mungkin untuk sebagian agan-agan sudah tau atau malah sudah pernah ngebuat dengan software ini. Tapi tidak ada salahnya ane juga berbagi bagi mereka yang belum mengetahui tentang apa ini software

Untuk itu ijinkanlah ane buat ngejelasin tutorial dari penginstalan dan tutorial pemakaian aplikasi ini. Tapi mohon maaf kalau ada kesalahan di dalam penulisan, maklum ane masih nubi jadi kita sama-sama belajar juga.


Ok kita mulai tutorial sederhana ini dari ini
1.    Untuk mencari installer dari software ini, kita bisa mengambilnya dengan free (freeware) di sini http://camstudio.org/.


Gambar 1 Tampilan web Camstudio

*Di sini saya mendownload camstudio nya saja, karena pengalaman saya dan teman-teman yang sudah mendownload dan mengaplikasikan lossless video codec nya, sesudah diimplementasiin di video option nya (keterangan menyusul) rekaman yang sudah kita simpan kemudian ingin  kita play video rekaman tersebut. Tapi yang terjadi sebaliknya, video tak bisa muncul, hanya suara saja yang terdengar. Saya mencoba di windows media player dan classic, dan tetap dikeduanya ga muncul. Untuk saat ini saya ingin mencoba menginstall K-lite codec pack untuk versi terbaru, 
berharap compressor untuk lossless video codec berjalan dengan benar....update menyusul ya...

2.    Setelah kita mendownload, kita bisa langsung mengisntall software ini di laptop atau komputer kita.

3.    Nah sekarang kita buka aplikasi tersebut, berikut gambaran dari camstudio versi CamStudio 2.6 (Build r294)


Gambar 2 Tampulan Aplikasi Camstudio

4.    Hmmm...pertama-pertama kita masuk terlebih dahulu ke menu region


Gambar 3 Menu Region

Menu region ini berfungsi untuk mengatur daerah rekaman di komputer yang akan kita ambil.
Dan untuk fixed region, seandainya ada punya ukuran atau fromat gambar yang ingin diambil, anda bisa langsung masukin tinggi dan lebarnya, atau bisa juga dengan menekan select, dan border daerah yang ingin anda simpan.


Gambar 4 Border area fixed region

5.    Nah sekarang masuk ke menu option dan di sana ada submenu video option. Nah di submenu ini ada pilihan compressor, compressor ini bertujuan untuk mengatur seberapa besar ukuran file video yang akan kita buat. Kalau saya personal, saya memilih auto adjust, dalam pengaturan frame yang ada. Seandainya agan-agan pembaca ingin yang beda kualitas dari video yang akan saya rekam, agan bisa mengotak-atik di framenya.


Gambar 5 Tampilan submenu video option dari menu option


Gambar 6 Jenis-jenis compressor di video option

*Ini yang ane maksud diatas tadi, seandainya make compressor lossless video codec, sesudah direkam dan ingin diplay, video tak bisa tampil dan hanya terdengar suara doang. 

6.    Ok submenu video option udah kita bahas, sekarang kita masuk ke submenu cursor option. Di sini kita bisa memilih  tampilan cursor yang akan kita pakai disaat merekam video dari komputer.


Gambar 7 Tampilan submenu cursor option di option

Pada gambar di atas, dapat diliat bahwa kita dapat memilih tipe kursor yang ingin kita pakai, baik itu kursor saat ini yang ada di komputer kita (use actual cursor) atau kursor pilihan kita sendiri (use cursor from file). Selain itu, kita bisa memberi cahaya di kursor tersebut (highlight cursor) dan bisa mensetting warna berbeda apabila kita mengklik kursor (kanan/kiri).

7.    Nah sekarang kita masuk ke audio option. Jadi submenu ini mengatur apakah kita ingin menyimpan suara baik dari microphone atau dari speaker atau bisa juga kita tidak ingin menyimpan suara apapun ke dalam video rekaman ini. Berhubung ane ga punya microphone, jadinya ane tes pake speaker, dan ternyata....(T.T) kualitas speaker ane jelek, jadinya suara apa aja bisa masuk. Jadi apabila kita ingin menyimpan dengan speaker, maka haruslah dengan suasana sepi dan senyap.


Gambar 8 Pemilihan record suara melalui speakers

8.    Sekarang kita masuk ke submenu autopan. Submenu ini mengatur apakah area yang kita rekam mengikuti arah gerak cursor bergerak. Hmmmmm....kayaknya ini submenu khusus untuk region fixed region, berhubung ane make region untuk full screen jadinya submenu ini tidak berpengaruh amat.

9.    Dan untuk submenu program options, kita dapat lihat di gambar


Gambar 9 Tampilan submenu program options

Ada banyak submenu dalam menu ini, seperti:
·         Minimize aplikasi di saat ngerekam
·         Menyimpan file yang direkam saat kita exit dari mode ngerekam
·         Untuk menu playing AVI file when recording stop, kita dapat memutar hasil rekaman yang sudah kita buat dengan camstudio player


Gambar 10 Jenis-jenis camstudio player


Gambar 11 Tampilan camstudio player 2.0

·         Trus untuk menu directory for recording, kita dapat memilih lokasi mana nanti kita akan menyimpan file yang sudah kita buat


Gambar 12 Setingan untuk menyimpan file yang sudah direkam

·          Kita bisa mensetting apakah kita ingin menamakan file dengan nama yang kita mau atau bisa berdasarkan tanggal saat kita ngerekam juga


Gambar13 Setingan nama file yang sudah direkam


Gambar 14 Tampilan dalam penyimpanan file sudah diberi nama dan lokasi penyimpanan

Nah berikut ane tampilan hasil rekaman ane (hihiihhii) dengan compressor microsoft video 1
         http://youtu.be/B51jtEO6ndg

Mungkin sampai di sini saja setingan standar untuk camstudio, seandainya ada kesalahan, mohon dimaklumin, di sini kita sama-sama belajar.

Sekian dan Terima kasih

Sampai Berjumpa di artikel selanjutnya

4 komentar:

Unknown mengatakan...

gan,, knp yaa, suara dri kmputer nya gk bsa di rekam jgaa, , misalkan lg main game,, hnya gmbar x doang yg d rekam, suara nya gk adaa. pdahal udh ane centang yg (record audio from speaker) tpi pas itu di centang , mlah muncul tulisan
(WaveoutGetSelectControl() failed)
ituu knp yaa gan ??

Ade mengatakan...

thanks gan sangat membantu (y)

Unknown mengatakan...

Knp gx bisa nyimpan.. pdhal awal nya bisa trus itu gx bisa lg

download terbaru mengatakan...

referensi baru
untuk rekam pc nih
makasih ya infonya